A.PENGERTIAN
SISTEM SUSPENSI
Sistem
suspensi dirancang untuk menahan getaran akibat benturan roda dengan kondisi
jalan. Selain itu, sistem suspensi juga diharapakan mampu untuk membuat lembut
saat sepeda motor menikung, sehingga mudah dikendalikan. Dengan system suspensi
juga, getaran akibat kerja mesin dapat diredam.
B.FUNGSI
SISTEM SUSPENSI
Secara umum system suspense
memiliki 3 fungsi yaitu seperti berikut :
- Mengurangi getaran akibat kerja mesin,
- Mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak rata,
- Sebagai penyetabil kendaraan saat menikung
Semua peran dan kegunaan dari sistem suspensi tadi,
pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa dengan bekerjanya sistem suspensi
tadi, pada pada dasarnya adalah agar diperoleh kenyamanan dalam berkendara
sepeda motor. Dengan demikian, gangguan yang terjadi pada sistem suspensi akan
berpengaruh langsung pada kenyamanan berkendara.
C.JENIS – JENIS SUPENSI
Secara
umum system suspensi dibagi menjadi 2 yaitu, suspensi bagian depan (front
suspension) dan suspensi bagian belakang (rear suspension).
Suspensi depan bisa dibagi lagi menjadi 2 jenis
yaitu :
A. Garpu
batang bawah (bottom link fork),
Jenis ini biasanya dipasang pada
sepeda motor bebek model lama seperti vespa atau scooter
Gb.suspensi jenis batang bawah
B.Garpu
teleskopik (telescopic fork)
Jenis ini merupakan jenis suspensi
yang paling banyak digunakan pada sepeda motor.
Gb.suspensi jenis teleskopik
Sedangkan suspensi
bagian belakang sebenarnya ada 3 jenis yaitu :
A.Tipe
plunger unit
Tipe plunger unit tidak mampu
mengontrol dengan nyaman roda belakang. Tipe ini hanya menopang roda belakang
dan menahan goncangan akibat permukaan jalan
Gb.tipe plunger unit
BTipe
swing arm
Tipe swing arm adalah dua buah
lengan yang digantung pada rangka dan ujung yang lain dari suspensi tersebut
menopang roda belakang.
Gb.suspensi tipe swing arm
C.Tipe
unit swing
Tipe unit swing adalah mesin itu
sendiri yang bereaksi seperti lengan yang berayun. Jadi mesin tersebut yang
berayun. Umumnya suspensi tipe ini dipakai pada sepeda motor yang mempunyai
penggerak akhirnya (final drive) atau motor matik.
Gb.suspensi tipe unit swing